Senin, 30 Desember 2019

Jenis seni tari di Sanggar Sekar Pandan Cirebon


 
Seni secara etimologi berasal dari bahasa sansekerta, yaitu ‘sani’ yang artinya pemujaan, persembahan, dan pelayanan. Seni juga sangat erat hubungannya dengan upacara keagamaan yang disebut juga dengan ‘kesenian’.
Seni adalah suatu ekspresi perasaan manusia yang memiki unsur keindahan di dalamnya dan diungkapkan melalui suatu media yang sifatnya nyata, baik itu dalam bentuk nada, rupa, gerakan, dan syair , serta dapat di rasakan oleh panca indera manusia. Ada pula yang berpendapat bahwa seni adalah semua hal yang di ciptakan oleh manusia yang mengandung unsur keindahan ysng dapat mempengaruhi persaan orang lain. Seni sudah menjadi salah satu bagian dakam kehidupan manusia dari zaman ke zaman dari masa prasejarah hingga sekarang. Keberadaan seni sangat melekat dalam sendi kehidupan dan jiwa manusia sehingga tidak dapat terpisahkan sampai saat ini, dalam masyarakat umum seni memiliki kaitan yang erat dengan upacara-upacara adatnya atau upacara keagamaan yang biasa di sebut dengan kesenian daerah.

          Dan pada intinya seni merupakan hasil aktivitas batin seseorang yang dinyatakan dalam bentuk karya yang bisa mempengaruhi perasaan manusia. Ada beberapa macam-macam seni, secara umum, seni dapat dibedakan menjadi 5 kelompok, yaitu :
1.     Seni rupa, adalah karya seni yang dapat di nikmati melalui media penglihatan atau visual Art. Seni rupa biasanay berfokus pada karya yang memiliki wujud dan rupa yang di ekspresikan dalam bentuk lukisan, gambar, patung, kerajinan tangan dan lain sebagainya.
2.     Seni musik, unsur bunyi adalah unsur utama dari seni musik. Sedangkan unsur lain adalah bentuk harmoni, melodi, dan notasi musik merupakan wujud sarana yang di ajarkan. Seni musik tumbuh dan berkembang, seni musik adalah hasil dari ciptaan manusia yang menghasilkan bunyi ritme dan harmoni yang indah bagi pendengarnya.
3.     Seni tari, adalah hasil ciptaan manusia yang menggunakan gerak tubuh sebagai suatu keindahan. Gerak dalam tari berfungsi sebagai media mengkomunikasikan maksud-maksud tertentu dari koreogragfer. Dan pada umumnya seni tari di gabungkan dengan seni musik.
4.     Seni teater, merupakan seni yang mengvisualisasikan imajinasi atau menggambarkan buah pikit seseorang. Hasil imajinasi tersebut berbuhungan dengan perilaku makhluk hidup, baik secara individual maupun kelompok.
5.     Seni sastra, merupakan bentuk seni yang bisa di nikamati melalui media pendengaran dan media penglihatan. Melalui seni sastra dalam kata-kata, seseorang bisa menyampaikan pesan dan kesan dengan cara yang indah.
Kesenian pada Sanggar seni sekar pandan atau dalam artian umum sanggar merupakan sarana yang digunakan oleh sekumpulan orang atau tempat untuk melakukan kegiatan sedangkan seni merupakan kaahlian membuat suatu karya  yang bermutu yang merupakan suatu kegiatan yang dilakukan manusia. Seni terbagi menjadi beberapa yaitu seni tari, seni lukis,seni musik dan seni yang lainnya.dapat disimpulkan bahwa sanggar seni sekar pandan merupakan sarana yang digunakan sebagai tempat sekumpulan orang untuk mempelajari suatu kegiatan yang bernilai seni yang bermutu dan sebagai tempat pengembanggan kreatifitas manusia dibidang seni serta pelestarian kesenian daerah Cirebon.
Sanggar seni sekar pandan merupakan sangar seni yang mengajarkan berbagai kesenian khas cirebon. Sanggar ini merupakan sanggar yang didirikan oleh Bapak Elang Heri Komaharadi pada tanggal 05 Mei 1992 di bawah binaan keraton atau family keraton Cirebon. Banyak jenis pelatihan yang diajarkan disanggar ini mulai dari seni tari terdiri dari tarian jaipong, yaitu sebuah jenis tari pergauklan tradisional masyarakat Sunda, karawang, Jawa Barat, yang sangat populer di Indinesia. Lalu Tari Wayang Wong, yakni nama sebuah drama tari yang terdapat di beberapa daerah di indinesia. Wayang wong merupakan drama tari bertopeng yang menggunakan dialog Bahasa Kawi yang selalu menampilkan wiracarita Ramayana. Tari topeng, adalah tarian yang penarinya mengenakan topeng. Tari topeng merupakan tarian yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat.  Tari Kipas pakarena, adalah ekspresi kesenian masyarakat Gowa uang sering di pentaskan untuk mempromosikan pariwisata Sulawesi Selatan. Dalam bahasa setempat, “pakarena” berasal dari kata “karena” yang memiliki arti “main”. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa. Tari renggong, adalah  jenis kesenian tari yang berkembang di Tatar Pasundan atau Jawa dimana pasangan saling bertukar ayat-ayat puitis saat mereka menari diiringi musik dari rebab atau biola dan gong. Tari  Sintren, adalah kesenian tari tradisional masyarakat Jawa, khususnya di Cirebon. Kesenian ini terkenal di pesisir utara Jawa Barat dan Jawa Tengah, antara lain Indramayu, Cirebon, Subang, Majalengka,jati barang dan lain sebagainya. Tarian kuda Lumping, adalah tarian tradisional jawa yang menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda, tarian ini berasal dari Ponorogo.  Tari Akrobat, adalah penampilan luar biasa yang melibatkan keseimbangan, ketangkasan, dan koordinasi motorik. Dan jenis tari-tarian lainnya yang merupakan tarian khas cirebon. Untuk seni rupa terdiri dari seni pahat, kedok atau topeng , dan melukis kaca. Untuk musik terdiri dari musik renteng, gamelan, dan musik lainnya yang merupakan musik khas Cirebon. Untuk seni sura meliputi tembang Cirebon, macepat, pupuh, pantura, tarling, dan gambyung. Ada pula topeng beling, seni debus, topeng berong, dan barongsai.

Ada banyak jenis pelatihan yang telah disebutkan diatas selain kesenian di sanggar ini juga memiliki kelas make up sehingga ketika pementasan para murid bisa untuk berdandan sendiri dan untuk alat-alat dan kostum yang digunakan untuk pementasan di sediakan di sanggar. Masing-masing jenis tari diatas tentu terdapat guru pembimbing yang nantinya akan melatih para murid di sanggar ini. Disanggar ini terdapat pelatih atau guru pembimbing dari masing-masing jenis kesenian yang ada yaitu Seni tari dengan guru pembimbing 5 orang ,seni rupa dengan guru pembimbing 2 orang ,seni suara 2 orang ,seni musik dengan guru pembimbing 1 orang.Biasanyasanggar ini mengadakan latihan setiap satu minggu dua kali dan untuk latihan gabungan diadakan setiap hari minggu.

Dengan adanya sanggar seni sekar pandan yang memfasilitasi dan merupakan wadah yang seharusnya kita sebagi generasi muda lebih mencintai budaya dari kesenian cirebon dengan cara belajar dan membantu mengembangkan budaya daerah. Bagi bapak Elang selaku pendiri sanggar menyatakan bahwa kesenian merupakan sebuah tontonan dan tuntunan, yang terdapat makna dan simbol dan pesan yang perlu dikaji pelaku dan penonton. Dengan adanya sanggar seni sekar pandan yang merupakan wadah atau tempat untuk mengembangkan kesenian khas Cirebon ini diharapkan anak-anak selaku generasi penerus mau mengembangkan seni budaya daerah, program dinas yang bermanfaat bagi seni budaya dapat berjalan terus, dan kepada semua elemen baik keluarga, pendidik, pemerintah, pengusaha, penggiat kesenian, serta seluruh lapisan masyarakat agar bisa saling bersinergi atau bekerja sama untuk membangun Cirebon yang berbudaya.


0 komentar:

Posting Komentar