Rabu, 25 Desember 2019

SEMUA KESENIAN DI SANGGAR SENI SEKAR PANDAN


Sanggar adalah suatu tempat atau sarana yang digunakan oleh suatu komunitas atau sekumpulan orang untuk melakukan suatu kegiatan. Sanggar seni merupakan suatu tempat untuk belajar seni berupa lukis, tari, teater, musik, nyanyi, kriya, kerajian, dan masih banyak lagi lainnya. Sanggar juga merupakan salah satu lembaga pelatihan yang termasuk ke dalam jenis pendidikan nonformal. Ada beberapa sanggar seni di Cirebon, salah satu nya yaitu Sanggar Seni Sekar Pandan.

Sanggar Seni Sanggar Pandan berdiri pada tanggal 05 Mei 1992 di dirikan oleh Heri Komara Hadi Arkaningrat  (Elang Heri)  dan keluarga nya dari keraton atau yang biasa di panggil Elang Tomi. Sanggar Seni Sekar Pandan ini sudah berdiri 27 tahun lama nya.  Sanggar Seni Sekar Pandan berada di komplek Keraton Kacirebonan Jl. Jagasatru, Pulasaren, RT 04/RW 02 No.74 Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Perumahan itu sangat sederhana,mirip dengan perumahan padat di daerah Jakarta. Namun disini lebih bersih dan juga tenang. Warga disini pun merupakan orang-orang keturunan Kesultanan Kacirebonan.

Itu salah satu alasan yang menjadikan Elang Heri mendirikan Sanggar Seni Sekar Pandan disitu. Alasan nya beliau mendirikan Sanggar Seni Sekar Pandar yaitu, karna tradisi leluhur Cirebon yang merupakan warisan dari keluarganya dan juga beliau ingin mengenalkan dan mengembangkan kesenian tradisional Kota Cirebon kepada generasi,dimulai sejak dini.  Dan tanggung jawab moral berada di keluarga keraton menjadi alasan utama untuk mengembangkan kesenian yang sejak dulu sudah ada. Tak semulus harapannya, mencari anggota sanggar ternyata tak mudah. Mengembangkan seni tradisional tari, music, rupa, dan suara. Karena nya, Heri Komara Hadi pun dikenalkan kesenian tradisi sejak ia kecil yang dirasanya sangat sulit sampai akhirnya tertanam rasa memiliki terhadap kesenian pada dirinya, yang membuatnya mendirikan Sanggar Seni Sekar Pandan ini.

Ada beberapa macam kesenian di Sanggar Seni Sekar Pandan

SENI TARI

1.       Tari Topeng adalah salah satu tarian di wilayah Kesultanan Cirebon. Disebut Trai Topeng karena penarinya menggunakan topeng saat sedang pementasan. Penari Tari Topeng disebut dalang, Karena mereka memainkan karakter topeng tersebut. Tari Topeng ada 5 jenis yaitu pertama, Tari Topeng Panji yang menggambarkan suci nya seorang anak yang baru lahir ke dunia. Kedua, Tari Topeng Samba ini menggambarkan ketika manusia sedang mulai masuk fase anak-anak. Ketiga, Tari Topeng Rumyang ini merupakan suatu penggambaran ketika seseorang mulai masuk ke dalam masa remaja atau masa nya dalam mencari jati diri. Keempat, Tari Topeng Tumenggung ini memiliki gerakan yang tegas seperti mengisyaratkan suatu kebijaksanaan ketika mulai memasuki ke dalam fase dewasa. Kelima, Tari Topeng Kelana ini merupakan sebagai bentuk penggambaran keserakahan manusia yang terlalu ambisius dan sangat amarah.


2.       Tari Sintren merupakan tarian andalan kesenian tari tradisional masyarakat Jawa, khususnya Cirebon. Bentuk pertunjukkan nya yaitu Sintren di perankan oleh seorang gadis yang benar-benar masih suci, dibantu oleh seorang pawang dengan diiringi alat music gending 6 orang. Penari Sintren juga harus melakukan puasa terlebih dahulu sebelum melakukan pementasan, hal tersebut dilakukan agar benar-benar suci dan bersih. Hal ini pula bertujuan agar roh Dewi Lanjar memasuki tubuh sang penari nanti tidak kesulitan. Ketika alunan music bernuansa mistis tersebut mulai diminainkan, kemudian sang pawang mulai beraksi dengan membacakan doa-doa atau mantra. Penari sebelumnya menggunakan pakaian putih dan kacamata hitam dengan kondisi terikat oleh tali. Setelah itu pawang memasukannya ke dalam kurungan tertutup dan memberikan kostum khusus. Kostum ini hamper mirip dengan kostum yang di gunakan untuk wayang orang.


3.      Tari Batik Sejarah terciptanya tari batik di Sanggar Seni Sekar Pandan yaitu, Bang Heri sendiri sebagai pendiri sanggar tersebut,menciptakan Tari Batik karena terinspirasi dengan pengrajin batik yang ada di sekitar Keraton. Bukan hanya terinspirasi oleh pengrajin batik saja,tetapi Cirebon memiliki kaya akan keragaman motifnya, dengan adanya seni batik yang cukup beragam akhirnya Bang Heri mencoba untuk mempromosikan dengan menggunakan tarian, yang dinamakan Tari Batik yang menggambarkan visual batik itu sendiri.


4.       Tari Manggala Yuda Tari ini diciptakan pada tahun 2010. Tari Manggala Yuda merupakan tari kreasi yang menceritakan tentang pasukan perang. Manggala Yuda berasal dari kata dasar Manggala dan Yuda, Manggala artinya ujung tomabak, sedangkan Yuda artinya perang. Tari Manggala Yuda memiliki keunikan dalam suatu gerak dimana adanya penggabungan unsur-unsur dari tari lain seperti tari topeng, wayang, great silat dan beberapa tarian khas Cirebon lainnya.



Seni Musik dan Vocal
Seni Musik adalah cabang seni yang menggunakan media bunyi sebagai sarana pengungkapkan ekspresi seniman nya. Seni musik berkaitan dengan suara, irama, dan nada. Unsur lain dalam seni musik adalah ritme.
Seni Vocal atau Suara adalah seni pengaturan suara agar vocal atau suara yang dihasilkan lebih merdu. Hal yang menyangkut vocal antara lain adalah mengatur pernapasan, pengaturan tinggi rendah suara,dll.


Di Sanggar Seni Sekar Pandan tidak hanya menyediakan latihan tari saja, tetapi ada juga seni musik dan suara.  Ada pelatihan vocal untuk menyanyi, dan juga ada pelatihan untuk bermain alat musik. Bagi murid yang ingin belajar menyanyi akan dilatih di Sanggar Seni Sekar Pandan, dan akan di jadikan Sinden untuk setiap kali aada pementasan. Nyanyia-nyanyian yg di ajarkan nya pun tentang syair-syair untuk mengiringi tarian. Latihan vocal ini seorang murid dapat berlatih atau menghafalkan lirik nya terlebih dahulu, dan akan di pratikan bagaimana nada, irama, dan tinggi rendah nya lagu pada saat pertemuan dengan pelatih vocal yang ada si Sanggar Seni Sekar Pandan. Latihan vocal di Sanggar Seni Pandan akan dibuat atau dikemas untuk menjadi seorang Sinden.

Latihan bermain alat musik juga ada di Sanggar Seni Sekar Pandan karena Sanggar ini juga menyediakan pengajar, serta alat musik yang lengkap untuk para murid nya yang ingin dan berminat untuk berlatih dan mempelajari alat musik. Alat musik yang tersedia di Sanggar Seni Sekar Pandan yaitugamelan,  goong, saron, kecrek, kendang, bonang, kenong, ketuk, bedug. Alat musik ini akan di mainkan untuk mengiri pementasan tari. Alunan-alunan nya pun sangat berbau khas daerah atau tradisional.


Membuat Topeng Bubur Kertas

Selain seni tari, seni musik, seni suara di sanggar Seni Sekar Pandan juga ada pelatihan kerajinan tangan yaitu membuat topeng dari bubur kertas. Tujuan nya yaitu untuk melestarikan macam-macam topeng yang ada sebagai salah satu bentuk kerajinan tangan pula. Karena membuat topeng kayu itu sulit, tidak mudah. Sehingga Sanggar Seni Sekar Pandan mempunyai ide lain untuk tetap dapat berkarya yaitu membuat topeng dari bubur kertas. Selain bahan pengerjaan nya mudah, membuat kerajinan tangan ini pun bisa dilakukan mulai dari anak SD. Karena mudah, alat dan bahan nya pun tidak berbahaya. Tetapi tetap perlu pengawasan dari seorang pelatih.

Macam-macam topeng yang dibuat nya pun beragam, bisa membuat sesuai kreasi Tari Topeng khas Cirebon. Yaitu topeng panji, topeng samba, topeng rumyang, topeng tumenggung, dan topeng kelana. Proses nya mudah dari mulai menghancurkan kertas membuat bubur kertasnya, lalu masukkan bubur kertas itu ke dalam cetakan, jemur dan tunggu kering, setelah itu lepaskan dari cetakkannya, dan cat sesuai karakter topeng yang ingin k

0 komentar:

Posting Komentar