Selasa, 24 Desember 2019

Menjadi anggota Sanggar Sekar Pandan


           Sanggar seni adalah suatu tempat atau sarana yang digunakan oleh setiap suatu komunitas sekumpulan orang untu berkegaiatan seni seperti seni tari, seni lukis, seni kerajianan atau kriya, seni peran dan lain sebagainya. kegiatan yang ada dalam sebuah sanggar seni rupa berupa kegiatan pembelajaran tentang seni yang meliputi proses dan pembelajaran, pencipataan hingga produksi dan semua proses hampir sebagian besar dilakukan didalam sanggar (tergantung pada tdaknya fasilitas dalam sanggar), sebagian contoh apabila menghasilkan karya seni rupa benda (patung, lukisan, kerajinan tanggan dan lain-lain) maka proses akhir adalah pemasaran atau pamrean, apabila karya seni yang dihasilkan bersifat seni pertunjukan (teater, tari, pantomim dan lain-lain)
               Sanggar seni termasuk ke dalam jenis pendidikan nonformal sanggar seni biasanya didirikan secara mandiri atau perorangan, mengenal tempat dan fasilitas belajar dalam sanggar termasuk dari kondisi masing-masing sanggar ada yang kondisinya sangat terbatas namun ada juga yang memiliki fasilitas lengkap, selain itu sintem atau seluruh kegiatan yang terjadi dalam snaggar seni sangat fleksibel, seperti menyangkut metode pembelajaran hingga evaluasi dan lain-lain, mengingat peraturan masing-masing sanggar seni itu sendiri, sehingga antara sanggar seni satu dengan yang lainnya memiliki peraturan yag belum tentu sama. Karena didiriknanya secara mandiri, sanggar seni biasanya berstatus swasta, dan untuk penyetaraan hasil pendidikannya harsu memalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah atau pemeritah daerah agar bisa dengan setara dengan hsil pendidikan formal.       
               Demi melestarikan budaya, salah satu sanggar di kota Cirebon, yaitu Sanggar SeniSekar Pandan teteap berdiri kokoh selama dua puluh tujuh tahun untuk mengajarkan seni tradisional Sanggar Sekar Panda mengembangkan seni tari, seni rupa, seni musik dan suara.
               Sanggar Seni Sekar Pandan merupakan sanggar seni yang mengajarkan berbagai kesenian khas Cirebon. Sanggar ini merupakan sanggar yang didirikan oleh Bapak Elang Heri Komaharadi pada tanggal 05 Mei 1992 dibawah binaan keraton Cirebon sanggar ini sudah berdiri sekitar 27 tahun lamanya yang beralamat di RT04/ RW02, komplek Kraton Kacirebonan No.74 Desa Sekar Pandan tepatnya di pasar Jagasatru.
               Nama Sekar Pandan memiliki makna "Sekar" yang artinya bunga dan "Pandan" yang artinya daun pandan. Artinya Sekar Panda merupakan bunga pandan yang memiliki harum, dapat disimpulkan bahwa Sanggar Sekar Pandan ini harus bisa seharum dan sewangi bunga pandan tersebut. Nama Sekar Pandan juga diambil dari tokoh pewayangan Puna Kawan yang memiliki karakter rajin, humoris, dan memiliki kesetiaan yang kuat dari situlah nama Sanggar Sekar Pandan tercipta dengan harapan bahwa Sanggar Sanggar Seni Sekar Pandan dapat seperti karakter pewayangan "Puna Kawan". Tujuan Sanggar Seni ini didirikan ingin mengembangkan dan menggali potensi kesenian khas Cirebon.
                 Disanggar ini terdapat pelatih dan guru pembimbing dari masing-masing jenis kesenian yang ada yaitu Seni Tari dengan gruru pembimbing 5 orang, Seni Rupa dengan guru pembimbing2 orang, Seni Suara dengan guru pembimbing 2 orang, Seni Musik dengan guru pembimbing 1 orang. Biasanya sanggar ini mengadakan latihan setiap satu minggu dua kali untuk latihan gabungan setiap hari minggu. 
                 Pada zamannya sanggar ini belum diminati banyak remaja namun seiring berjalnnya waktu banyak anak-anak remaja yang mau belajar kesenian khas Cirebon karena memang diwajibkan disekolah-sekolah. Dulu murid di sanggar ini berjumlah 500 an namun sekarang hanya ada 200 murid aktif periode karena setiap anggota mesti mengikuti ujian kelayakan tari. Kebanyakan murid dari Sanggar Seni Sekar Pandan adalah anak-anak sekolah SMP, SMA bahkan mahasiswa karean Sanggar Seni SEkar Pandan banyak bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk mengembangkan kesenian-kesenian yang telah diwariskan.
          Sanggar Seni Sekar Pandan sudah memiliki banyak anggota yang sudah terlatih bakatnya. Anggota-anggota tersebut dilatih oleh Bapak Elang Heri selaku pengurus, pemilik dan pelatih sanggar Sekar Pandan. Mereka yang dilatih oleh Bapak Elang Heri pasti mendapat pelatihan yang baik oleh beliau. Sanggar Seni Sekar Pandan mewajibkan semua anggotanya bisa menari, bisa bernyanyi dan bermain alat musik.

0 komentar:

Posting Komentar