Minggu, 29 Desember 2019

Mengenal Prestasi Sanggar Seni Sekar Pandan

         Sanggar seni sekar pandan merupakan sangar seni yang mengajarkan berbagai kesenian khas cirebon.sanggar ini merupakan sanggar yang didirikan oleh Bapak Elang Heri Komaharadi pada tanggal 05 Mei 1992 di bawah binaan keraton atau family keraton Cirebon sanggar ini sudah berdiri sekitar 27 tahun lamanya yang beralamat di RT/RW, 04/02,Komplek Kraton Kacirebonan No.74 Desa Sekar Pandan tepatnya di pasar Jagasatru yang dikelola oleh putra putri daerah kraton kacirebonan. Sudah dimulai sejak tahun 1992 sanggar ini berdiri dibawah binaan family keraton,yakni Elang Tomi, Elang Heri, dan sebaginya mengembangkan seni tradisonal khas Cirebon yang membentuk sebuah wadah pelatihan kesenian khas cirebon yang diberi nama Sanggar sekar pandan. Selain menggembangkan seni, misi lain yang coba dituangkan atau dicapai sanggar adalah menginvertarisir kesenian di Cirebon. Dengan mengenalkan kesenian pada generasi muda, yang harus dimulai dari sejak dini. Sejak elang kecil ia sudah diperkenalkan dengan kesenian tradisi yang dirasa sangat sulit sampai akhirnya tertanam rasa memiliki terhadap kesenian pada dirinya dari pengalaman kecil itu diharapkan anak-anak generasi muda yang awalnya hanya melihat pertunjukan mau mempelajari kesenian sehingga dari situ mereka ada rasa memiliki dan mencintai kesenian khas Cirebon.
Sanggar Seni Sekar Pandan yang sudah berdiri sejak 27 tahun lamannya kini sudah banyak penghargaan yang sudah diraihnya, Sanggar seni sekar pandan merupakan sanggar yang telah lama berdiri hinga puluhan tahun lamanya yang mengajarkan kesenian khas cirebon kepada murid-muridnya di Cirebon bahkan banyak orang-orang di luar cirebon yang mau mempelajari kesenian khas Cirebon. Sanggar seni sekar pandan merupakan wadah atau tempat yang dibentuk untuk mengembangkan kesenian khas Cirebon dan melestarikan budaya leluhur dan juga ingin memberitahukan kepada hal layak umum bahwa kesenian khas cirebon ini masih ada terutama mengenalkan kesenian kepada generasi muda yang pengenalnya harus dimulai sejak dini. Sanggar seni sekar pandan selalu mengadakan pentas tahunan sebagai memperingati hari jadi sanggar seni sekar pandan dan juga pentas bulanan yang dilakukan sebagai bentuk apresiasi para murid disanggar dan juga sebagai ajang pengenalan kesenian khas Cirebon bahwa kesenian khas Cirebon masih ada dan belum hilang. Sanggar seni sekar pandan sudah banyak melakukan pentas di Cirebon, luar jawa bahkan sampai keluar Negri seperti. Bahkan tari topeng pernah melakukan pentas di Eropa dan negara-negara lainnya.
       Di sanggar ini banyak mengajarkan berbagai jenis kesenian khas Cirebon yaitu seni tari yang meliputi seni topeng, wayang wong (wayang orang), sintren, kuda lumping, akrobat dan kreasi tradisi. Seni musik, terdiri dari renteng dan gamelan. Seni rupa terdiri dari kedok atau topeng dan luis kaca, serta suara terdiri dari tembang Cirebon, macepat, pupuh, pantura, tarling, dan gambyung. Adapun topeng beling, seni debus, topeng barong dan barongsai. Dan berbagai macam seni khas Cirebon lainnya. Dengan berbagai macam seni yang ada, Sanggar Seni Sekar Pandan memperoleh banyak prestasi. Salah satu prestasi yang didapatkan adalah mencetak Rekor ORI (Original Rekor Indonesia) yang diperoleh melalui seni Tari Topeng Samba, Tari Topeng Samba sendiri adalah Samba berasal dari kata sambang atau saban yang asrtinya setiap. Sanggar seni sekar pandan merupakan sangar seni yang mengajarkan berbagai kesenian khas cirebon.sanggar ini merupakan sanggar yang didirikan oleh Bapak Elang Heri Komaharadi pada tanggal 05 Mei 1992 di bawah binaan keraton atau family keraton Cirebon sanggar ini sudah berdiri sekitar 27 tahun lamanya yang beralamat di RT/RW, 04/02,Komplek Kraton Kacirebonan No.74 Desa Sekar Pandan tepatnya di pasar Jagasatru yang dikelola oleh putra putri daerah kraton kacirebonan. Maknanya bahwa setiap waktu kita diwajibkan menjalankan perintahnya. Diduakalikan (dipindoni), maknannya bahwa disamping mengerjakan perintahnya kita juga perlu mengerjakan hal-hal yang sunah. Karakter Topeng Samba menggambarkan fase ketika manusia mulai memasuki dunia anak-anak, digambarkan dengan gerakan yang luwes, lincah dna lucu
 Dan dijelaskan oleh Pemimpin Sekar Pandan sekaligus kreator tari topeng samba dan jaran laras, Elang Heri Komalahadi menjelaskan, Tari Topeng samba merupakan salah satu karakter dalam Tari Topeng Cirebon. Karakter Tari Topeng Samba yang dipresentasikan warna putih pada seluruh permukaannya yang menggambarkan kepolosan anak-anak. Sekitar 270 penari berusia anak-anak dan remaja dari Sanggar Seni Sekar Pandan mempertunjukkan seni khas Cirebon sehingga diganjar apresiasi dari Original Record Indonesia (ORI). Tari Topeng Samba yang dikolaborasikan dengan Jaran Larad dinilai telah berhasil memecahkan rekor penari terbanyak se-Indonesia dengan pakaian topeng samba lengkap. Elang Heri mengungkapkan bahwa tarian ini menggambarkan fase anak-anak dan gerakannya lincah dan genit. Dia mengatakan, penggambaran topeng samba berupa pencarian ilmu yang tanpa henti. Layakya manusia, usia anak-anak menajadi waktu dimana banyak hal yang harus dipelajari. Jaran Larad yang dikolaborasikan dengan tari topeng samba hari itu pun menunjukkan semangat penggali ilmu. Dia menunjuk salah satu ilmu yang sepatutnya digali berupa ilmu tari tradisional Cirebon. 
     Sanggar Seni Sekar Pandan sendiri diketahui merupkan binaan Kesultanan Kacirebonan. Dalam kesempatan itu, Sultan Keraton Kacirebonan, Sultan Abdul Gani Natadiningrat menyatakan, pertunjukkan yang dipertontonkan siang tadi menjadi salah satu bukti esistensi kesenian khas Cirebon. Beliau berharap dengan pemecahan rekor ORI ini, generasi muda akan tertarik ikut belajar seni tradisional Cirebon. Dan bagi anggota sanggar, akan termotivasi untuk lebih bersemangat melestarikan kesenian Cirebon ini. Penghargaan pemecahan rekor pertunjukan itu sendiri deserahkan langsung oleh pimpinan ORI, Guruh Susanto. Sementara, Pelaksanaan Tugas Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan, dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon, Edi Bagja berharap, peristiwa itu akan meningkatkan kunjungan wisatawan, baik domestik dan asing, ke Keraton Kacirebonan maupun Cirebon pada umumnya.
Dan  beliau pun menambhkan bahwa, Penghargaan pemecahan rekor ini sebagai bukti kreativitas warga Cirebon dalam memajukan seni budaya lokal. Tidah hanya itu, selain itu juga prestasi yang diraih oleh Sanggar Seni Sekar Pandan ini, antara lain, Juara Topeng seJawa Barat, juara seNusantara tahun 2000 dalam acara Kirab Budaya, terbang ke Korea Selatan tahun 2014 atas permintaan duta seni, dan tahun 2017 tampil di Yunani, serta masih banyak lagi keberhasilan yang sudah diberikan untuk Indonesia. Sanggar seni sekar pandan sebagai wadah atau tempat yang dibentuk untuk mengembangkan kesenian khas Cirebon dan melestarikan budaya leluhur dan juga ingin memberitahukan kepada hal layak umum bahwa kesenian khas cirebon ini masih ada terutama mengenalkan kesenian kepada generasi muda yang pengenalnya harus dimulai sejak dini. Menurut bapak Elan Heri, ia berharap sanggar sekar pandan bisa terus maju, anak-anak selaku penerus mau menggembangkan seni budaya daerah, program dinas yang bermanfaat bagi seni budaya dapat berjalan terus, dan semua elemen seperti keluarga, pendidikan, pemerintah, pengusaha, penggiat kesenian, serta lapisan masyarakat agar bisa saling bersinergi untuk membangun cirebon yang berbudaya sehingga sanggar seni sekar pandan ini bisa menorehkan prestasi-prestasi lainnya dan bisa selalu mempertahankan eksistensinya di dalam maupun di luar Negri.

0 komentar:

Posting Komentar