Selasa, 24 Desember 2019

Profil Sanggar Sekar Pandan


               




Sanggar seni sekar pandan atau dalam artian umum sanggar merupakan sarana yang digunakan oleh sekumpulan orang atau tempat untuk melakukan kegiatan sedangkan seni merupakan kaahlian membuat suatu karya  yang bermutu yang merupakan suatu kegiatan yang dilakukan manusia. Seni terbagi menjadi beberapa yaitu seni tari, seni lukis,seni musik dan seni yang lainnya.dapat disimpulkan bahwa sanggar seni sekar pandan merupakan sarana yang digunakan sebagai tempat sekumpulan orang untuk mempelajari suatu kegiatan yang bernilai seni yang bermutu dan sebagai tempat pengembanggan kreatifitas manusia dibidang seni serta pelestarian kesenian daerah Cirebon.
Sanggarseni sekar pandan merupakan sangar seni yang mengajarkan berbagai kesenian khas cirebon.sanggar ini merupakan sanggar yang didirikan oleh Bapak Elang Heri Komaharadi pada tanggal 05 Mei 1992 di bawah binaan keraton atau family keraton Cirebon sanggar ini sudah berdiri sekitar 27 tahun lamanya yang beralamat di RT/RW, 04/02,Komplek Kraton Kacirebonan No.74 Desa Sekar Pandan tepatnya di pasar Jagasatru yang dikelola oleh putra putri daerah kraton kacirebonan. Nama Sekar Pandan memiliki makna ”sekar” yang artinya bunga dan “Pandan"yang artinya daun pandanartinya Sekar pandan merupakan bunga pandan yang memiliki harum dapat di simpulkan bahwa Sanggar ini harus bisa seharum dan sewangi bunga pandan tersebut.
Nama sekar pandan juga diambil dari tokoh pewayangan Puna Kawan yang memiliki karakter rajin ,humoris ,dan memiliki kesetiaan yang kuat dari situlah nama sekar pandan tercipata dengan harapan bahwa smsanggar seni sekar pandan dapat seperti karakter pewayangan PunaKawan.Tujuan Sanggar seni ini didirikan ingin mengembangkan dan menggali potensi kesenian khas Cirebon.Selain pengembangan seni tujuan lain dari sanggar seni sekar pandan  yang ingin ditunjukan ialah menginvertarisir kesenian di Cirebon. Pada zamannya sanggar ini belum banyak minat remaja namun seiring berjalannya waktu banyak anak-anak remaja yang mau belajar kesenian khas Cirebon karena memang diwajibkan disekolah-sekolah. Sanggar seni sekar pandan telah banyak mendidik ratusan anak-anak  bahkan mahasiswa asing dan seniman-seniman asing dari berbagai negara. Dulu murid disanggar ini adalah sekitar 500an namun sekarang ada 200 murid aktif pe periode karena setiap anggota mesti mengikuti ujian kelayakan tari.Sanggar Seni Sekar Pandan merupakan sanggar yang membuka pusat pelatihan  banyak mengajarkan berbagai jenis kesenian khas Cirebon yaitu seni Tari ,seni musik ,bersyair ,seni lukis topeng , dan berbagai macam seni khas Cirebon lainnya.
Disanggar ini terdapat pelatih atau guru pembimbing dari masing-masing jenis kesenian yang ada yaitu Seni tari dengan guru pembimbing 5 orang ,seni rupa dengan guru pembimbing 2 orang ,seni suara 2 orang ,seni musik dengan guru pembimbing 1 orang.Biasanyasanggar ini mengadakan latihan setiap satu minggu dua kali dan untuk latihan gabungan diadakan setiap hari minggu.Untuk bisa masuk kesanggar ini harus mendaftar atau mengisi formulir dan biaya administarasi sebesar Rp10.000.dan untuk biaya yang harus dikeluarkan anggota setiap 1 minggu 2 kali setiap dua pertemuan sebesar Rp50.000./setiap bulannya untuk tari topeng ,dan Rp10.000./bulan untuk 1 kali setiap minggu untuk kelas garap.     
Untuk seni tari terdiri dari tarin jaipong,wayang wong, tari topeng, tari kipas, tari renggong,sintren, lumping, akrobat, dan jenis tari-tarian lainnya yang merupakan tarian khas cirebon.Untuk seni rupa terdiri dari seni pahat, kedok atau topeng , dan melukis kaca. Untuk musik terdiri dari musik renteng, gamelan, dan musik lainnya yang merupakan musik khas Cirebon. Untuk seni sura meliputi tembang Cirebon ,macepat, pupuh, pantura, tarling, dan gambyung. Ada pula topeng beling, seni debus, topeng berong, dan barongsai. Sanggar seni sekar pandan telah banyak bekerja sama dengan sekolah-sekolah di Cirebon sehingga murid yang ada di sanggar kebanyakan merupakan anak sekolah bahkan ada juga mahasiswa. Sanggar ini juga sering dijadikan objek penelitian terkait kesenian tradisonal khas Cirebon karena memang sanggar ini sudah lama berdiri dan merupakan sanggar yang sudah Go Internasonal yang sudah terkenal dikancah Dunia.
Sanggar seni sekar pandan selalu mengadakan pentas tahunan sebagai memperingati hari jadi sanggar seni sekar pandan dan juga pentas bulanan yang dilakukan sebagai bentuk apresiasi para murid disanggar dan juga sebagai ajang pengenalan kesenian khas Cirebon bahwa kesenian khas Cirebon masih ada dan belum hilang. Sanggar seni sekar pandan sudah banyak melakukan pentas di Cirebon, luar jawa bahkan sampai keluar Negri seperti contoh tari topeng pernah melakukan pentas di Eropa dan negara-negara lainnya .Biasanya untuk agenda rutin disekar pandan yakni terdiri dari dua kelas  yaitu kelas tari dilaksanakan setiap hari pada pukul 15.00 untuk tari topeng dan khusus hari jum’at, sabtu, dan minggu di jam yang sama untuk tari garap, seni musik,dan sura serta seni rupa yang terdiri dari seni rupa topeng dan seni lukis kaca berlatih pada hari minggu pukul 15.00. Sanggar seni sekar pandan juga memiliki kelas maek up sehingga ketika pementasan para murid bisa untuk berdandan sendiri dan untuk alat-alat dan kostum yang digunakan untuk pementasan di sediakan di sanggar.Untuk biaya kepengurusan sanggar lebih kepada sosial yang dihitung dalam bentuk presentase yaitu biaya pelatih atau pembimbing 50% , biaya pemeliharaan 20%, biaya peralatan 20%, dan biaya administrasi 10% .
Sanggar seni sekar pandan merupakan sanggar yang telah lama berdiri hinga puluhan tahun lamanya yang mengajarkan kesenian khas cirebon kepada murid-muridnya yang sudah banyak menorehkan prestasi yang telah diukir antara lain jura topeng se Jawa Barat, jura senusantara tahun 2000 dalam acara Kirab Budaya, terbang ke korea selatan tahun 2014 atas permintaan duta seni, dan tahun 2007 tampil di Yunani, serta masih banyak lagi keberhasilan yang sedah diberikan untuk indonesia khususnya Cirebon. Sanggar seni sekar pandan merupakan wadah atau tempat yang dibentuk untuk mengembangkan kesenian khas Cirebon dan melestarikan budaya leluhur dan juga ingin memberitahukan kepada hal layak umum bahwa kesenian khas cirebon ini masih ada terutama mengenalkan kesenian kepada generasi muda yang pengenalnya harus dimulai sejak dini.
 Dengan adanya sanggar seni sekar pandan yang memfasilitasi dan merupakan wadah seharusnya kita sebagi generasi muda lebih mencintai budaya dari kesenian cirebon dengan cara belajar dan membantu mengembangkan budaya daerah. Bagi bapak Elang Heri Komara Hadi selaku pendiri sanggar menyatakan bahwa kesenian merupakan sebuah tontonan dan tuntunan, yang terdapat makna dan simbol dan pesan yang perlu dikaji pelaku dan penonton. Dengan adanya sanggar seni sekar pandan yang merupakan wadah atau tempat untuk mengembangkan kesenian khas Cirebon ini diharapkan anak-anak selaku generasi penerus mau mengembangkan seni budaya daerah, program dinas yang bermanfaat bagi seni budaya dapat berjalan terus, dan kepada semua elemen baik keluarga, pendidik, pemerintah, pengusaha, penggiat kesenian, serta seluruh lapisan masyarakat agar bisa saling bersinergi atau bekerja sama untuk membangun Cirebon yang berbudaya.
Selain itu di sanggar sekar pandan juga akan menggelar pemecahan rekor Original Rekor Indonesia (ORI). Dengan menyajiakan rampak topeng samba berkolaborasia dengan seni jaran larad. 270 penari akan memecahkan rekor ORI. Persiapan anak didiknya suadah maksimal, dengan latihan yang rutin sejak enam bulan terakhir. Semogga dengan pemecahan rekor ORI ini bisa menarik wisatawan berkunjung ke kota Cirebon. Karena dengan ini bisa menujukkan, bahwa kesenian Cirebon mampu bersaing dengan kota kota lain.





0 komentar:

Posting Komentar