Senin, 30 Desember 2019

PRESTASI SANGGAR SENI SEKAR PANDAN


Sanggar Seni Sekar Pandan telah meraih banyak prestasi. Sebelum kita membahas prestasi yang telah di raih Sanggar ini, kita akan membahas arti arti dari Sekar Pandan terlebih dahulu. Nama Sekar Pandan memiliki makna “Sekar” yang artinya yaitu bunga dan “Pandan” yang artinya yaitu daun pandan. Jadi Sekar Pandan yaitu merupakan bunga pandan yang memiliki harum dapat disimpulkan kembali bahwa sanggar ini harus bisa seharum dan sewangi bunga pandan tersebut. Nama Sekar Pandan juga diambil dari tokoh pewayangan Puna Kawan yang memiliki karakter rajin, humoris, dan memiliki kesetiaan yang kuat. Dari situlah nama Sekar Pandan tercipta dengan penuh harapan bahwa Sanggar Seni Sekar Pandan ini dapat seperti karakter pewayangan “Puna Kawan”.

Sanggar Seni Sanggar Pandan berdiri pada tanggal 05 Mei 1992 di dirikan oleh Heri Komara Hadi Arkaningrat  (Elang Heri)  dan keluarga nya dari keraton atau yang biasa di panggil Elang Tomi. Sanggar Seni Sekar Pandan ini sudah berdiri 27 tahun lama nya.  Sanggar Seni Sekar Pandan berada di komplek Keraton Kacirebonan Jl. Jagasatru, Pulasaren, RT 04/RW 02 No.74 Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Perumahan itu sangat sederhana,mirip dengan perumahan padat di daerah Jakarta. Namun disini lebih bersih dan juga tenang. Warga disini pun merupakan orang-orang keturunan Kesultanan Kacirebonan. Itu salah satu alasan yang menjadikan Elang Heri mendirikan Sanggar Seni Sekar Pandan disitu. Alasan nya beliau mendirikan Sanggar Seni Sekar Pandar yaitu, karna tradisi leluhur Cirebon yang merupakan warisan dari keluarganya dan juga beliau ingin mengenalkan dan mengembangkan kesenian tradisional Kota Cirebon kepada generasi,dimulai sejak dini.  Dan tanggung jawab moral berada di keluarga keraton menjadi alas an utama untuk mengembangkan kesenian yang sejak dulu sudah ada. Tak semulus harapannya, mencari anggota sanggar ternyata tak mudah. Mengembangkan seni tradisional tari, music, rupa, dan suara. Karena nya, Heri Komara Hadi pun dikenalkan kesenian tradisi sejak ia kecil yang dirasanya sangat sulit sampai akhirnya tertanam rasa memiliki terhadap kesenian pada dirinya, yang membuatnya mendirikan Sanggar Seni Sekar Pandan ini. 

Seni adalah salah satu kebudayaan yang mengandung nilai indah dan memiliki ciri khas masing-masingnya. Sanggar yaitu, suatu tempat atau sarana yang digunakan oleh suatu  komunitas atau sekumpulan orang untuk melakukan pelatihan suatu kegiatan. Jadi, Sanggar Seni yaitu suatu tempat yang digunakan oleh sekumpulan orang untuk melakukan pelatihan (belajar) suatu kebudayaan yang mengandung nilai indah yang memiliki ciri khas.  


Kesenia tradisional Kota Cirebon terkenal memili keunikan dan keunggulan dibandingkan dengan daerah lain nya. Hanya di perlukan pengenalan dan promosi lebih giat agar kesenian tersebut mendapatkan apresiasi berupa kunjungan wisatawan. Sanggar Seni Sekar Pandan telah menggelar pemecahan rekor Original Rekor Indonesia (ORI). Dengan menyajikan Rampak Topeng Samba berkolaborasi dengan Seni Jaran Larad.

Ketua Sanggar Seni Sekar Pandan Elang Heri Komarahadi mengatakan, sedikitnya 270 penari akan memecahkan rekor Original Rekor Indonesia (ORI). Dengan tarian Topeng Samba dan Jaran Larad. Persiapan anak didiknya sudah sangat lah maksimal, dengan latihan yang rutin sejak enam bulan terakhir. Pemecahan rekor Original Indonesia (ORI) ini bukan hanya ingin menunjukkan kesenian Cirebonan kesenian ke tingkat nasional tetapi internasional.

Menurutnya, alasan sanggar yang berdiri Tahun 1992 ini menampilkan Tari Topeng Samba, karena karakter Topeng Samba menggambarkan fase ketika manusia mulai memasuki dunia kanak-kanak. Ini digambarkan dengan gerakan yang luwes, lincah, dan lucu.  Gerakan tarian nya gesit dan menggambarkan seseorang yang tengah beranjak ke dewasa. Yang periang dan penuh suka cita, itulah sebab nya kata dia, mengapa gerakan tari topeng ini seperti kesusu (terburu-buru), mirip dengan perilaku dan kehidupan seorang anak muda.

Selain Tari Topeng, sanggar yang dibina Elang Heri Komarahadi juga mengajarkan seni wayang wong, sintren, drama tari, karawitan, gamelan kerenteng dan seni pertunjukan lain nya. Elang Heri Komarahadi berharap dengan pemecahan rekor Original Rekor Indonesia (ORI) ini, generasi muda akan tertarik ikut untuk belajar seni tradisional Cirebon. Dan bagi anggota Sanggar Seni Sekar Pandan akan memotivasi untuk lebih semangat lagi melestarikan kesenian trdisonal Cirebon. Dan dengan digelarnya pemecehan rekor ORI ini Elang Heri Komarahadi juga berharap bisa menarik kita kunjungan wisatawan untuk dating ke Kota Cirebon. Karena dengan ini bisa menunjukkan kesenian Cirebonan mampu bersaing.

Festival ini di adakan setiap tahun dengan harapan supaya generasi muda khusus nya agar tetap bersemangat dan mau belajar untuk terus mencintai dan melestarikan kesenian tradisional. Seiring berkembang nya Sanggar, peserta yang terdaftar sebagai binaan Sanggar Seni Sekar Pandan talah mencapai 2200 orang dengan berbagai kelompok umur. Adapun kegiatan yang menjadi rutinitas sanggar terdiri dari agenda harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Kegiatan harian berupa latihan rutin yang di bagi menjadi beberapa materi per hari nya secara bergiliran. Agenda bulanan nya dalah menyelenggarakan pentas bulanan, yang dilaksanakan pada minggu pertama setiap bulan nya. Sedangkan agenda tahunan nya adalah acara peringatan ulang tahun sanggar.

Agenda-agenda tersebut telah berlangsung sejak 2010 yang lalu. Tujuan nya adalah untuk menarik minat generasi muda sekaligus sebagai bahan evaluasi hasil tahunan rutin. Selain agenda bulanan, Sanggar Seni Sekar Pandan juga menggelar ujian sanggar yang dilaksanakan setiap 6 bulan sekali. Kegiatan ini biasa nya dilakukan di dalam Keraton Kacirebonan dan beberapa kali di saksikan secara langsung oleh Sultan.

Peringatan ulang tahun biasa nya berlangsung lebih dari satu hari pada setiap bulan Mei. Setiap kali perayaan ulang tahun digelar, tidak hanya peserta binaan sajaa yang di tampilkan, wakil dari sanggar-sanggar dan beberapa komunitas seni tradisional maupun modern, baik dari golongan seni rupa, seni tari, seni musik, seni bela diri, seni drama, dan lain nya juga turut di undang untuk ikut meramaikan acara tersebut. Sebagai bentuk syukur atas keberadaan sanggar dan keberhasilan sanggar. Tujuan utama nya di gelar acara ini juga menjadi ajang sosialisasi dan silahturahmi sebagai sikap saling menghargai antar sesame penggiat seni serta bentuk upaya pelestarian seni terutama seni tradisional sebagai identitas bangsa.

Selain memecahkan rekor Original Rekor Indonesia (ORI), dan pentas bulanan serta tahunan yang di raih dan dapat diadakan oleh Sanggar Seni Sekar Pandan ini, tetapi ada beberapa prestasi yang telah di raih oleh Sanggar Seni Sekar Pandan ini yaitu pada Tahun 2011, sanggar ini telah mendapatkan kehormatan menjadi duta Jawa Barat di Korea dan Australia melalui karya khas nya, yaitu Topeng Barong. Topeng Barong merupakan suatu karya seni khas yang benar benar lahir dari garapan Sanggar Seni Sekar Pandan yang mulai di garap atau diciptakan serta dilatih mulai pada Tahun 2001 yang lalu. Maka buah dari usaha sejak tahun 2001 itu, pada Tahun 2011, karya tersebut berhasil menduduki peringkat ke-2 setelah Kota Bogor saat mengikuti festival seni kreasi se-Jawa Barat mewakili Cirebon.



0 komentar:

Posting Komentar