Kamis, 19 Desember 2019

Seni Tradisional (Sanggar Seni Sekar Pandan)


     Siapa yang tidak bangga terhadap kesenian tari Indonesia yang begitu banyak dari sekian banyak Negara yang ada di dunia, Indonesia yang memiliki kesenian tari yang sangat beragam.
     Terdapat berbagai macam seni yang tersebar diseluruh Indonesia dan macam-macamnya dikenal sebagai kesenian daerah dimana karya-karyanya diakui oleh negara dan menjadi harta kebanggan negara kita. Sei terdiri dari 5 jenis, yaitu seni tari, Seni Tari, adalah suatu gerakan yang berirama, dilakukan disuatu tempat dan waktu tertentu untuk mengekspresikan suatu perasaan dan menyampaikan pesan dari seseorang maupun kelompok. Seni Rupa, Seni Rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan, kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur dan pencahayaan dengan acuan estetika. Seni Musik,  menurut Aristoteles seni musik  merupakan sebuah tuangan serta tenaga penggambaran yang berawal dari sebuah gerakan rasa yang dalam satu deretan melodu(nada), yang memiliki irama, atau lebih sederhannaya seni musik adalah, susunan suara yang mengandung irama, melodi, keteraturan, dan harmonisasi. Seni Teater, secara istilah, teater meiliki arti yaitu segala hal yang dipertunjukkan dalam sebuah tempat sebagai hiburan. Dalam arti yang lebih sempit, teater berarti sebuah drama yang dipertunjukkan kepada banyak orang berdasarkan naskah. Sedangkan, untuk arti yang lebih luas, teater tidak melulu merunjuk kepada pertunjukkan drama. pada arti yang lebih luas, teater bisa diartikan sebagai sebuah pertunjukan yang dipentaskan didepan khalayak ramai. Seperti misalnya wayang orang, lenong, ludruk dan lain sebagainya. Istilah teater sendiri tidak bisa lepas dengan kata drama. dan Sani Sastra, Seni Sasta, merupakan sebuah seni yang menjadikan bahasa sebagai media, dapat diartikan sebagai cadang seni yang didalamnya berisi segala sesuatubaik lisan maupun tulisan yang mengandung unsur keindahan, seni, imajinatif dari hasil karya seseorang yang hasilnya bisa dinikmati karena memiliki faktor keunggulan dan artistik.
     Seni tradisional adalah unsur kesenian yang menjadi bagian hidup masyarakat dalam suatu kaum/puak/suku/bangsa tertentu. Tradisional adalah aksi dan tingkah laku yang keluar alamiah karena kebutuan dari nenek moyang yang terdahulu. karena sifatnya yang lekat dengan hidup masyarakat, seni tradisional harus bersifat aktual. Untuk menjaga aktualisasi seni tradisional langka-langka preservasi perlu dilakukan agar seni tradisional tidak musnah. 
     Kita sebagai generasi muda harus berperan aktif dalam melestarikan kesenian yang ada di Indonesia. salah satunya adalah kesenian dari Cirebon yang terkenal memiliki keunikan dan keunggulan dibandingkan dengan daerah lainnya. Salah satu cara agar seni tradisional di Indonesia terlestarikan adalah adanya sanggar seni di daerah-daerah setempat. 
     Sanggar seni adalah suatu tempat atau sarana yang digunakan oleh setiap suatu komunitas sekumpulan orang untuk berkegiatan seni seperti seni tari, seni lukis, seni kerajinan atau kriya, seni peran dls. Kegiatan yang ada dalam sebuah sanggar seni rupa berupa kegiatan pembelajaran tentang seni, yang meliputiproses dari pembelajaran, penciptaan hingga produski dan semua proses hampr sebagian besar dilaakukan didalam sanggar (tergantungada tidaknya fasilitas dalam sanggar), sebagai contoh apabila menghasilkan karya berupa benda (patung, lukisan, kerajinan tangga dll) maka proses akhir adalah pemasaran atau pameran, apabila karya seni yang dihasilkan bersifat seni pertunjukan(teater, tari, pantomim dll) maka proses akhir adalah pementasan.
     Sanggar seni termasuk ke dalam jenis pendidikan nonformal. Sanggar Seni biasanya didirikan secara mandiri atau peroranagan, mengenal tempat dan fasilitas belajar dalam sanggar tergantung dari kondisi masing-masing sanggar ada yang kondisinya sangat terbatas namun ada juga yang memiliki fasilitas lengkap,selain itu sistem atau seluruh kegiatan yang terjadi dalam sanggar seni sangat fleksibel, seperti menyangkut metode pembelajaran hingga evaluasi dll, mengingat peraturan masing masing sanggar seni itu sendiri, sehingga antara sanggar seni satu dengan yang lainnya memiliki peratutan yang belum tentu sama. karena didirikan secara mandiri,sanggar senibiasanya berstatus swasta, dan untuk penyetaraan hasil pendidikannya harus melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah agar bisa setara dengan hasil pendidikan formal.
     Demi melestarikan budaya, salah satu sanggar di Kota Cirebon, yaitu Sanggar Senii Sekar Pandan tetap berdiri kokoh selama puluhan tahun untuk mengajarkan seni tradisional. Sanggar Seni Sekar Pandan mengembangkan seni tari, seni rupa, seni musik, dan suara.
     Sanggar Seni SEkar Pandan merupakan sanggar seni yang menjakarkan berbagai kesenian khas Cirebon. Sanggar ini merupakan sanggar yang didirikan oleh Bapak Heri Komaharadi pada tanggal 05 Mei 1992 dibawah binaan keraton Cirebon sanggar ini sudah berdiri sekita 27 tahun lamanya yang beralamat di RT 04/ RW02, komplek Kraton Kacirebonan No. 74 Desa Sekar Pandan tepatnya di Pasar Jagasatru. 
     Nama Sekar Pandan memiliki makna "Sekar" yang artinya bunga dan "Pandan" yang artinya daun pandan. Artinya Sekar Pandan merupakan bunga pandan yang memiliki harus dapat disimpulkan bahwa Sanggar ini harus bisa seharus dan sewangi bunga pandan tersebut. Nama Sekar Pandan juga diambil dari tokoh perwayangan Puna Kawan yang memiliki karakter rajin, humoris, dan memiliki kesetiaan yang kuat dari situlah nama sekar pandan tercipta dengan harapan bahwa sanggar seni sekar pandan dapat seperti karakter pewayangan "Puna Kawan".
     Sanggar Tari Sekar Pandan merupakan sanggar yang bnayak mengajarkan kesenian Cirebon. Disanggar ini terdapat pelatihan atau guru pembimbing dari masing-masing jenis kesenian yang ada yaitu Seni tari dengan guru pembimbing 5 orang, seni rupa dengan guru pembimbing 2 orang, seni musik dengan guru pembimbing 1 orang. Biasanya sanggar ini mengadakan latihan setiap satu minggu dua kali dan untuk latihan gabunagn diadakan setiap hari minggu.
     Pada zamannya sanggar ini belum banyak diminati remaja namun seiring berjalnnya waktu banyak anak-anak, maupun remaja yang mau belajar kesenian khas Cirebon karena memang diwajibkan disekolah-sekolah. Dulu murid sanggar ini berjumlah 500 an namun sekarang hanya 200 murid aktif per priode karena setiap anggota mesti mengikuti ujian kelayakan tari. Kebanyakan murid dari sanggar sekar pandan adalah anak-anak sekolah SMP, SMA bahkan Mahasiswa karena sanggar seni sekar pandan banyak bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk mengembangkan kesenian-kesenian yang telah diwariskan.
     Sanggar Sekar Pandan menggelar pemecahan rekor Original Rekor Indonesia (ORI) dengan menyajikan Rampak Topeng Samba berkolaborasi dengan Seni Jaran Larad. Selain itu banyak prestasi yang sudah berhasil diukir oleh sanggar ini, antara lain juara topeng se Jawa Barat, juara seNusantara tahun 2000 dalam acara Kirab Budaya, terbang ke Korea Selatan tahun 2014 atas pemerintah duta seni, dan tahun 2017 tampil di Yunani, serta banyak lagi keberhasilan Sanggar Seni Sekar Pandan yang sudah diberikan untuk Indonesia, khususnya Cirebon.

0 komentar:

Posting Komentar