Senin, 30 Desember 2019

TARI TOPENG BARONG SANGGAR SEKAR PANDAN


Seni adalah salah satu kebudayaan yang mengandung nilai indah dan memiliki ciri khas masing-masingnya. Sanggar yaitu, suatu tempat atau sarana yang digunakan oleh suatu  komunitas atau sekumpulan orang untuk melakukan pelatihan suatu kegiatan. Jadi, Sanggar Seni yaitu suatu tempat yang digunakan oleh sekumpulan orang untuk melakukan pelatihan (belajar) suatu kebudayaan yang mengandung nilai indah yang memiliki ciri khas.

Sanggar Seni Sanggar Pandan berdiri pada tanggal 05 Mei 1992 di dirikan oleh Heri Komara Hadi Arkaningrat  (Elang Heri) dan keluarga nya dari keraton atau yang biasa di panggil Elang Tomi. Sanggar Seni Sekar Pandan ini sudah berdiri 27 tahun lama nya.  Sanggar Seni Sekar Pandan berada di komplek Keraton Kacirebonan Jl. Jagasatru, Pulasaren, RT 04/RW 02 No.74 Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Perumahan itu sangat sederhana,mirip dengan perumahan padat di daerah Jakarta. Namun disini lebih bersih dan juga tenang. Warga disini pun merupakan orang-orang keturunan Kesultanan Kacirebonan. Itu salah satu alasan yang menjadikan Elang Heri mendirikan Sanggar Seni Sekar Pandan disitu. Alasan nya beliau mendirikan Sanggar Seni Sekar Pandar yaitu, karna tradisi leluhur Cirebon yang merupakan warisan dari keluarganya dan juga beliau ingin mengenalkan dan mengembangkan kesenian tradisional Kota Cirebon kepada generasi,dimulai sejak dini.Dan tanggung jawab moral berada di keluarga keraton menjadi alas an utama untuk mengembangkan kesenian yang sejak dulu sudah ada. Tak semulus harapannya, mencari anggota sanggar ternyata tak mudah. Mengembangkan seni tradisional tari, music, rupa, dan suara. Karena nya, Heri Komara Hadi pun dikenalkan kesenian tradisi sejak ia kecil yang dirasanya sangat sulit sampai akhirnya tertanam rasa memiliki terhadap kesenian pada dirinya, yang membuatnya mendirikan Sanggar Seni Sekar Pandan ini.

Bagi Heri Komara Hadi atau yang biasa dipanggil Elang Heri, kesenian merupakan sebuah tontonan dan tuntunan.  Terdapat symbol, makna, dan pesan yang perlu dikaji pelaku dan penonton. Hal itu termasuk dalam sebuah apresiasi pelaku seni. Sanggar Seni Sekar Pandan ini di dirikan dan dibina langsung oleh Heri Komara Hadi. Pembelajaran yang terdapat di Sanggar Seni Sekar Pandan Cirebon dimulai dari tingkat dasar atau untuk pemula. Pada saat awal mendirikan sanggar ini tidaklah mudah, pria yang akrab dipanggil Bang Heri ini harus berkeliling ke sekolah-sekolah untuk memperkenalkan sanggar nya dan tentu nya mendapatkan anggota.


Tari adalah gerak tubuh yang secara berirama senada dengan alunan music yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan,mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Tari juga diiringi oleh bunyi-bunyian. Bunyi-bunyian yang disebut music pengiring tari mengatur suatu gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan dari tarian tersebut. Gerakan tari berbeda dari gerakan sehari-hari seperti berlari, berjalan, atau bersenam. Menurut jenisnya, tari digolongkan menjadi tari rakyat, tari klasik, dan tari kreasi baru.

Topeng Barong merupakan perpaduan dari seni Barongsai dan dari seni Tari Topeng Cirebon yang merupakan ciri khas dari Sanggar Seni Sekar Pandan. Barongsai merupakan kesenian asal negeri Tiongkok. Perkembangan kebudayaan Cirebon memang banyak terpengaruh dari kebudayaan Tiongkok. Mengingat letak Kota Cirebon yang berada di pesisir dan menjadi lokasi strategis untuk politik dan kebudayaan pada abad ke-15.

Tari Topeng Barong merupakan salah satu jenis tarian yang berkembang di Sanggar Seni Sekar Pandan oleh Elang Heri Komarahadi yang di ciptakan nya pada tahun 2001. Tari Topeng Barong merupakan tari kreasi yang menceritakan konflik manusia dalam mencari nilai-nilai kebenaran. Dalam penciptaan tarian ini, Elang Heri Komarahadi sendirian, Sanggar Seni Sekar Pandan berkolaborasi dengan Sanggar perguruan Seni Beladiri Kelabang (Kesadaran, Latihan, Membangun) . Mula nya Topeng Barong ini di tawarkan agar bisa dapat di padukan dengan Seni Barongsai, akhirnya Sanggar Seni Beladiri Kelabang mencoba menerima tawaran itu dan bekerja sama dengan Sanggar Seni Sekar Pandan. Akhirnya tercipta lah tarian baru yang akhir nya di namakan “Topeng Barong”.

Pada awal perkembangan nya, bangsa Tionghoa tidak menerima keberadaan Topeng Barong, mereka tidak menerima bahwa Barongsai di padukan dengan Tari Topeng yang merupakan tarian khas Cirebon. Tetapi setelah warga Tionghoa sadar bahwa mereka tinggal di daerah Cirebon, akhirnya tarian Topeng Barong perlahan lahan bisa di terima oleh bangsa Tionghoa.

Penyajian Topeng Barong merupakan perpaduan Seni Barongsai dan Tari Topeng tradisional Cirebon, Tari Topeng yang di ambil adalah Tari Topeng Kelana Cirebon, yaitu Topeng Songong dan Topeng Semblep. Topeng Barong memiliki gerak yang bersemangat, gembira, disertai dengan gerakan bobodoran. Topeng Barong ini ditarikan oleh dua orang laki-laki, satu penari memakai kostum warna hitam dan satu penari lagi nya warna putih. Warna hitam dan putih menandakan bahwa sifat manusia tidak ada yang selalu putih dan tidak ada juga yang selalu hitam. Di dunia ini manusia pasti memiliki sifat baik tetapi di sisi lain pasti memiliki sifat buruk. Warna hitam dan putih juga melambang sifat Yinyang, yang dalam kebudayaan Tiongkok, Yinyang yaitu artinya adalam berpasang-pasangan (ada perempuan dan juga ada laki-laki, ada siang dan juga ada malam, serta ada baik dan juga ada buruk).

Menurut Elang Heri Komarahadi ada syarat khusus untuk menjadi penari Tari Topeng Barong. Siapapun, bisa menjadi penari Topeng Barong, namun ada beberapa kemampuan yang khusus yang harus di kuasai oleh penari Topeng Barong. Yaitu, seni beladiri, akrobatik, dan kemampuan menari.
Topeng Barong menggunakan dua jenis pakaian yang berbeda, pakaian yang pertama adalah pakaian Topeng Songong yang terdiri dari; ikat kepala, baju kutung, celana sontog, ombyok, dam dodot. Warna identic dengan songong adalah putih, menggambarkan sifat manusia yang baik tapi masih melakukan keburukan, atau sebaik-baik nya manusia pasti mempunyai sifat buruk. Pakaian yang kedua adalah pakaian Topeng Semblep, yang terdiri dari; ikat kepala, baju kutung, celana sontog, ombyok, dan brusamir. Pakaian Topeng Semblep identic dengan warna hitam, warna hitam menggambarkan manusia yang berupa buruk, tetapi masih berusaha menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan. Kedua karakter saling berebut kebenaran, kemudian menyatu kembali untuk menyari suatu jati diri yang sebenarnya.

Tari Topeng Songong menandakan laki-laki, sedangkan Topeng Semblep menandakan karakter perempuan. Hal ini memiliki makna bahwasanya manusia harus hidup berpasang-pasangan, jika tidak, maka kehidupan akan pincang. Dalam penyajian nya Topeng Barong diiringi oleh musik. Musik yang mengiringi tarian Topeng Barong adalah gamelan Cirebon berlaras Pelog serta di padukan dengan alat musik pengiring Barongsai, seperti simbal dan tambur.
Tari Barong meruoakan tari kreasi baru yang tercipta atas kecintaan Elang Heti Komarahadi terhadap kebudayaaan tradisional. Tarian ini lahir untuk menambah hasanah kesenian di Jawa Barat, khususnya Cirebon. Tarian ini telah menjadi ciri khas dari Sanggar Seni Sekar Pandan.

0 komentar:

Posting Komentar