Selasa, 24 Desember 2019

Prestasi Sanggar Seni Sekar Padan



     Sanggar Seni Sekar Pandan banyak mengajarkan berbagai jenis kesenian khas Cirebon yaitu seni tari yang meliputi seni topeng, wayang wong (wayang orang), sintren, kuda lumping, akrobat dan kreasi tradisi. Seni musik, terdiri dari renteng dan gamelan. Seni rupa terdiri dari kedok atau topeng dan luis kaca, serta suara terdiri dari tembang Cirebon, macepat, pupuh, pantura, tarling, dan gambyung. Adapun topeng beling, seni debus, topeng barong dan barongsai. Dan berbagai macam seni khas Cirebon lainnya. Dengan berbagai macam seni yang ada, Sanggar Seni Sekar Pandan memperoleh banyak prestasi. 
     Salah satu prestasi yang didapatkan adalah mencetak Rekor ORI (Original Rekor Indonesia) yang diperoleh melalui seni Tari Topeng Samba, Tari Topeng Samba sendiri adalah Samba berasal dari kata sambang atau saban yang asrtinya setiap. Maknanya bahwa setiap waktu kita diwajibkan menjalankan perintahnya. Diduakalikan (dipindoni), maknannya bahwa disamping mengerjakan perintahnya kita juga perlu mengerjakan hal-hal yang sunah. Karakter Topeng Samba menggambarkan fase ketika manusia mulai memasuki dunia anak-anak, digambarkan dengan gerakan yang luwes, lincah dna lucu
     Dan dijelaskan oleh Pemimpin Sekar Pandan sekaligus kreator tari topeng samba dan jaran laras, Elang Heri Komalahadi menjelaskan, Tari Topeng samba merupakan salah satu karakter dalam Tari Topeng Cirebon. Karakter Tari Topeng Samba yang dipresentasikan warna putih pada seluruh permukaannya yang menggambarkan kepolosan anak-anak.
     Sekitar 270 penari berusia anak-anak dan remaja dari Sanggar Seni Sekar Pandan mempertunjukkan seni khas Cirebon sehingga diganjar apresiasi dari Original Record Indonesia (ORI). Tari Topeng Samba yang dikolaborasikan dengan Jaran Larad dinilai telah berhasil memecahkan rekor penari terbanyak se-Indonesia dengan pakaian topeng samba lengkap.
     Elang Heri mengungkapkan bahwa tarian ini menggambarkan fase anak-anak dan gerakannya lincah dan genit. Dia mengatakan, penggambaran topeng samba berupa pencarian ilmu yang tanpa henti. Layakya manusia, usia anak-anak menajadi waktu dimana banyak hal yang harus dipelajari. Jaran Larad yang dikolaborasikan dengan tari topeng samba hari itu pun menunjukkan semangat penggali ilmu. Dia menunjuk salah satu ilmu yang sepatutnya digali berupa ilmu tari tradisional Cirebon. 
     Sanggar Seni Sekar Pandan sendiri diketahui merupkan binaan Kesultanan Kacirebonan. Dalam kesempatan itu, Sultan Keraton Kacirebonan, Sultan Abdul Gani Natadiningrat menyatakan, pertunjukkan yang dipertontonkan siang tadi menjadi salah satu bukti esistensi kesenian khas Cirebon. Beliau berharap dengan pemecahan rekor ORI ini, generasi muda akan tertarik ikut belajar seni tradisional Cirebon. Dan bagi anggota sanggar, akan termotivasi untuk lebih bersemangat melestarikan kesenian Cirebon ini.
     Penghargaan pemecahan rekor pertunjukan itu sendiri deserahkan langsung oleh pimpinan ORI, Guruh Susanto. Sementara, Pelaksanaan Tugas Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan, dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon, Edi Bagja berharap, peristiwa itu akan meningkatkan kunjungan wisatawan, baik domestik dan asing, ke Keraton Kacirebonan maupun Cirebon pada umumnya. dan beliau pun menambhkan bahwa, Penghargaan pemecahan rekor ini sebagai bukti kreativitas warga Cirebon dalam memajukan seni budaya lokal.
     Tidah hanya itu, selain itu juga prestasi yang diraih oleh Sanggar Seni Sekar Pandan ini, antara lain, Juara Topeng seJawa Barat, juara seNusantara tahun 2000 dalam acara Kirab Budaya, terbang ke Korea Selatan tahun 2014 atas permintaan duta seni, dan tahun 2017 tampil di Yunani, serta masih banyak lagi keberhasilan yang sudah diberikan untuk Indonesia, khususnya Cirebon

0 komentar:

Posting Komentar